Om Berbaju Merah dan Bertopi Biru Tua

Sunday, January 26, 2014

Semoga nanti gantinya seperti ini

Untuk pertama kalinya saya berharap, bahwa yang namanya main hakim sendiri itu tidak hanya ada di dalam buku-buku pelajaran anak SD.
Kemarin, rencananya gue mau beliin adik gue jilbab sebagai oleh-oleh karena hari senin gue mau pulang kampung. Terus, gue  ditemenin sama Dira pergi ke Pasar Sentral. Nah, pas sampai di sana kan kita keliling-keliling tuh cari apa-apa aja yang mau kita beli. Terus, kita singgah di penjual celana pendek, liat-liat gitu. Nah, berhubung celana pendek gue dikit, ya udah gue beli satu. Transaksi sudah berlangsung, terus tiba-tiba aja gue dapat SMS. Gue kira yang SMS tuh mama gue, mau konfirmasi hari kepulangan gue, ternyata... Dari Telkomsel. Dungpret. Ya udah HP gue simpan kembali ke dalam cardigan gue, terus gue ngajak Dira jalan lagi cari Jilbab.
Nah, di sini nih.
Pas gue jalan kan tuh agak berdesak-desakan... Gue juga heran kenapa tiba-tiba desak-desakkan. #yaiyalahpasarrr
Terus tiba-tiba, gue ngerasa kayak ada yang megang-megang kantong kardigan gue. Nah, otomatis gue langsung berusaha buat megangin kantong gue kan. Tapi tuh tangan kampret kayak mendesak banget, pas gue balik belakang, gue ngeliat siluet merah berbalik di belakang gue. Gue pegang kantong gue.
Anjirrrr!!! Hape gue diambil orang!!!
Gue masih lihat tuh orang yang ambil hape gue. Jalannya nyantai, dia kira gue nggak nyadar. Gue sadar, tapi gue shock gitu, kaget. Sampai akhirnya gue jalan, kejar tuh orang.
"Eh, om-om hapeku om!"
(Ihhh kasihan, lemahnya teriakanmu cewekkkk)
Terus tuh orang balik badan, dengan nyolotnya dia ngomong "Apa? Penjual saya ini!"
"Ih, Anabu---Hapeku om, mengaku kii. Kita yang ambil hapeku!" gue teriak-teriak gitu sambil ngejar tuh orang.
Terus gue kejar-kejaran sama tuh om-om. Anjirrrrr... berasa kayak di film tahu nggak sih. Gue udah nggak mikir lagi gue dilihat kayak apa di pasar sana, gue pengen hape gue balik. Hari senin gue mau pulang dan pasti mama gue bakalan terus telepon-SMS gue. Gimana caranya gue mau komunikasi sama mama gue kalau nggak ada hape?
Sumpeh yeee, gue teriak-teriak "Berhenti ko! Maling woyyy! Maling!!! Yang pake baju merah malingggg!!!" tapi nggak ada tuh orang yang bantuin ngejar tuh maling. Nggak ada. Nggak ada tuh yang kayak di tivi-tivi semua orang rame-rame ngejar maling. Nggak ada.
Hmmm, apa mungkin karena gue bukan bintang sinteron kali yak, makanya nggak ada yang bantuin ngejar?
Cih.
Etapi mungkin karena tempat gue kejar-kejaran sama tuh maling yang agak sepi ya, makanya nggak ada yang bantuin ngejar. Dan bodohnya gue, gue teriak dengan suara ala-ala tuan putri yang nyangkut di pohon. Lemah lembut. Sok-sok lemah tidak berdaya kampretttt! Sumpah, gue ngerasa kayak taik, kenapa nggak gue lemparin batu tuh maling? Gue kayak hilang pikiran ngejar tuh maling, kayak nggak ada kekuatan apa-apa lagi. Gue cuma lari-larian sambil teriak maling.
Dan mau tahu lucunya di mana?
Gue teriak "Maling woy, yang pake baju merah maling!!!" dan lo tahu gue pake kardigan apa? MERAH!
Untung aja tuh orang-orang nggak ada yang salah ngira gue malingnya.
Dan tuh maling, gue cuma sanggup ngejar dia sampe tiga blok doang. Sudah itu dia raib bersama hape gue.
Gue udah ngos-ngosan, isi kepala awut-awutan, dan hape gue nggak dapet. Nasib dah!
Pas gitu, Dira yang ikutan lari-lari di belakang gue nyamperin.
"Gimana mii itu, Rin?"
"Hah, biarkan saja. Mau diapa... Biar mii... Mau mungkin bayar SPP anaknya. Kan sekarang SPP mahal. Udah biarin.. Ikhlasin...."
Gue ngomong ikhlasin, biarin aja... Tapi dalam hati gue kayak mau cincang tuh orang. Sialan.
Dan setelah itu?
Gue lanjut keliling pasar sama Dira.
Sinting ya.
Gue keliling sambil berusaha menenangkan diri (menenangkan diri apaan). Mungkin orang lain pikir gue nyantai banget, sudah kemalingan masih tetep aja keliling-keliling pasar. Tapi dalam hati gue ngerasa ARGRHGRHRR. Sampe berapa blok itu gue masih aja gemetaran, marah gue sama diri sendiri. Terlalu lemah jadi cewek. Gue paling benci jadi orang yang lemah, dan sialnya gue susah mengubah hal itu.
Gue keliling-keliling sambil mikirin, skenario apa yang paling bagus buat gue sampaikan ke mama gue biar dia nggak marah. Apa bilang "Ma, tadi hapeku jaduh kecebur di got?"; "Ma, tadi hapeku jatuh dari motor, sekarang dia sudah hancur dan tak berbentuk lagi?"; atau gue jujur aja kalau gue kemalingan?.
Tapi untunglah, sebagus apa pun skenario tipu-tipu yang gue bikin, gue tetep jujur sama mama gue. Di sini gue memang salah, karena sebenarnya sebelum gue pergi ke pasar, mama gue telepon dan bilang gue nggak usah beliin adek gue jilbab. Tapi gue tetep keukeuh pergi karena gue udah di perjalanan dan udah keburu janji sama adik gue. Gue juga bersyukur, gue nggak dimarah-marahin amat sama mama gue. Dikata-katain dikit, tapi ya sudahlah... Wajar memang. 
Gue keliling-keliling sambil mikirin, gimana ya caranya biar gue bisa menghubungi mama gue? Gimana caranya biar gue dapat hape cepet? Dan untungnya, ada salah satu temen gue yang mau minjamin hapenya ke gue, jadi bisa gue pake dulu untuk menghubungi mama gue. Thanks Winda!
Kemarin, gue keliling-keliling sambil mikirin aksi pencopetan tadi. Pengen ketawa, ngetawain diri sendiri. Gue terus-terusan ngomong ikhlas, ikhlas, tapi hati ini kayaknya susah banget buat ikhlas. Susah.
Lanjut cerita, setelah keliling-keliling pasar sama Dira, kita lanjut lagi jalan ke MTC. Hahahhahahah. Kampret kan yaaa? Kehilangan masih aja sempat jalan-jalan. Mpret.
Pas sampai di parkiran pasar, kita berdua heran, motor Dira nggak ada!
Waduh, kita langsung kelimpungan nyariin. Sudah cukup kehilangan hape, nggak perlu lagi pake kehilangan motor segala. Sumpah kemarin itu bakalan epic banget kalau sampai dira juga kehilangan. Dan untungnya, emang nggak. Motor Dira cuma dipindahin sama tukang parkir, hehehehe... :D
Ya sudah, kita lanjut ke MTC, keliling buat beliin kakaknya Dira baterai hape, terus balik ke rumahnya Dira buat ambil bundelan laporan yang mau dikumpul sama Mas Keti. Nah, selama perjalanan pulang itu gue baru nyadar...
FOTO-FOTO KAMPRET DI KARTU MEMORY GUEEEE!!!
AHHHH SIALAAANNNN!!!
Astaga gue telmi banget yaakkk!! Itu hape penuh dengan foto-foto, terlebih lagi catatan-catatan fanfic gue, bookmark-bookmark web. Astagaaaa telmiiiii!!!
Gue sampe gemetaran tahu nggak, jangan sampe gue disantet sama tuh maling. #PikiranApaCoba
Hah...
Gue usaha dulu dah buat ngelupain tuh hape...
Gue berharap aja, semoga tuh hape yang hilang bisa jadi berkah buat yang ngambil. Toh hape itu juga sudah rada 'agak-agak'. Layarnya kabur, tombolnya ada yang bolong, bateraynya sudah sering lowbat.
Gue berharap aja, semoga ini bisa jadi pelajaran buat gue. Buat lebih mendengarkan omongan mama, buat lebih hati-hati lagi kalau ke pasar, buat nggak jadi orang lemah lagi.
Usaha buat ngelupain.... Meski terkadang pikiran ini selalu buat skenario untuk yang kemarin. Kayak...

#Skenario Satu 
Me: "Woyyy!! Maling lu! Setan kampret! Asyuuuuu!!!
"Mal : "Apa kau?!!! " (lari) 
Me : "Berhenti ko setan!" (Ambil batu, lempar maling) 
 Mal : (kena lemparan batu) Arrhrghrghrh!!! 
 Me : (melayangkan tendangan terbang ke maling) Mampus lu! 
Mal : (kesakitan)Me : (ambil hape) (berlalu seperti pahlawan)

#Skenario Dua 
Me : "Woyyyy!! Maling lu!" (kejar maling) 
Mal : (lari secepat mungkin) 
Me : Malingggg!!!! Yang baju merah malinggg!!! 
orang-orang rame-rame mengejar maling 
Mal : (ketangkap, hampir dipukulin) 
Me : (Datang menyingkap kerumunan) Sudah, sudah om... (Ambil hape). Biar mii, yang penting sudah sa dapat hapeku. (Berlalu...)

#Skenario Tiga 
Me : "Woyyyy!! Maling lu!" (kejar maling) 
Mal : (lari secepat mungkin) 
Me : (Sambil kejar maling) "WOYYY SETAN!!! Bengkak-bengkak perutmu kalau ko ambil itu hape! Jadi belatung itu daging-dagingmu! Bernanah matamu sege!!! 
Mal : (berhenti lari, langsung kembalikan hape) (kabur)

Sudah lah… Gue berharap aja semoga ada hikmah di balik kejadian kemarin.

2 comments:

Kalau menurutmu, bagaimana?