Semakin Banyak, Semakin Tidak Tahu

Tuesday, May 27, 2014

Let's be curious!

Semakin banyak kita melihat, semakin dalam kita menyadari bahwa ada banyak hal di dunia ini yang kita tidak tahu. Hal-hal yang besar, hal-hal yang kecil dan sederhana.

Hal yang kecil, hal yang sebenarnya kita anggap tidak penting, buang-buang waktu, ternyata bisa menjadi pintu yang membawa kita ke banyak tempat yang wah, amazing.

Well, gue ngerjain sesuatu yang mungkin kedengarannya kurang kerjaan banget, wasting time lah gitu.
Ikut-ikutan kuis personality. Itu yang kayak 'Which Star Trek Jedi Are You?' and kind of that. Gue ngerjain bermacam-macam kuis dan menghabiskan banyak waktu. Dan kemudian, dunia berkonspirasi. Gue iseng buka-buka link di BuzzFeed, terus gue klik semacam link video tentang percobaan sains dengan menggunakan telur. Dan wow, mind blowing. Itu gue sampai nganga kenapa bisa ada hal yang seperti itu, kenapa telur bisa di masukin ke dalam botol yang mulutnya cuma selebar uang koin lima ratus rupiah. Well, mungkin aku aja kali ya yang upay, yang nggak pernah lihat percobaan kayak gitu sampai ngerasa 'waw, amazing' banget.
Terus, ada juga tentang fakta-fakta sains yang nggak kita ketahui, yang aneh, gokil dan nggak masuk akal juga pertanyaan-pertanyan sains yang belum bisa ditemukan jawabannya sampai sekarang. 

Terus dari situ, aku nonton-nonton lagi bermacam-macam video. Bahkan sampai nonton perdebatan 'saru' tentang muahahahhahahaha.... selangkangan. Go-kill. Judulnya sinting, tapi kalau sudah nonton pasti ngakak #TergantungSeleraHumorJugaSih. Ini tuh semacam ngasih tahu ke kita bahwa, semua orang tuh sama, nggak dibeda-bedain berdasarkan gender.

Terus, gue juga dapat banyak video tentang hal-hal yang membuat kita untuk lebih mencintai diri kita sendiri, lebih percaya diri, lebih 'this-is-who-i-am-I-don't-care-what-you-say', bagaimana cara orang lain melihat diri kita dan bagaimana kita melihat diri kita sendiri. Video-video-nya keren banget, memotivasi, tapi nggak menggurui. Menghibur dan membuat kita berpikir 'ternyata gue keren'.
"You are better than you think. So, be kind for your self"

Terus gue juga dapat videe-video yang ternyata sangat menjelaskan hal yang 'gue banget'!. Kayak '14 Signs You're A Type-A Personality' or 'Probelm Only Anxious People Understand'. Gue banget.  Terus juga video-video gokil yang lucu tapi ternyata 'fakta banget' T.T

Terus, gue juga dapat video tentang Bagaimana Bila Bumi Berhenti Berputar?
Pas nonton tuh sampai merinding, ternyata selama ini, rotasi bumi melambat sebanyak dua detik selama seratusan tahun lah. Kecil? Sedikit? Tapi penelitian terbaru mengatakan bahwa rotasi bumi semakin melambat  2 detik selama lima tahun! Bayangkan dari seratusan tahun jadi lima tahun. Kalau setiap lima tahun bumi melambat, kira-kira berapa ratus tahun lagi bumi akan berhenti? Dan ternyata, akibat kalau bumi itu berhenti berputar bisa sangat-sangat-sangat parah #yaiyalah.

Dari situ gue mikir, terus apaan dong yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi ini?
#Hadehhhh #NyelametinDiriDariKrisisKeuanganAjaMasihJatuhBangun
Dna kemudian mulai mebookmark banyak video, besok-besok ini pasti ebrguna untuk dijadikan media pembelajaran #uhukCalonGuruUhuuuukkk

Tempo hari juga gue habis cari--cari video untuk jadi media belajar tentang Pembelahan Sel, terus gue dapat video tentang pembelahan sel tapi dijelaskan dengan nyanyian. Ada juga yang menjelaskannya lewat tarian hulahoop ala sirkus! Dan kemudian, bukannya menyelesaikan tugas akku malah cari-cari video tentang sirkus. Terus aku dapat deh link ke Cirque du Soleil, dna kemdudian satu impian muncul.... gue pengen ke Las Vegas buat nonton Sirkus! #apaandeh

Terus gue juga nonton film-film pendek di Youtube. Tentang bully dan efeknya nyata bisa parah banget, sampai menyebabkan kematian. Itu efek bully dari menyebabkan rasa tidak percaya diri, minder, menyalahkan diri sendiri, apatis, sampai ya itu tadi, jadi malaikat Izrail untuk diri sendiri. Syeremmm.... 
Dan bully nggak cuma lewat dunia nyata yang pake pukul-pukulan, dorong-dorongan, terus dianiaya sampai bonyok gitu. Tapi juga lewat sosial media, lewat komentar-komentar sinis dan sok berkuasa layak dialah Tuhan di sosial media. Well memang sih, terkadang karena menjadi pemilik sebuah 'akun' membuat kita berpikir bahwa kita bisa membawa segalanya, ngomongin segalanya, sampai biar kejelekan tentang suatu hal juga dibeberin ke seluruh dunia. Tapi tahu nggak, bahwa di luar sana, ada orang yang sakit hati dengan omongan kita. Dan.... ugh kayaknya bagian bully ini sudah menyerempet hal lain #lirikGosipDiBerandaFBTempoHari

Terus, gue juga dapat video-video film pendek romantis!!! Huwawaawaaaaaaa bahagia banget!!! Tapi rata-rata film pendeknya berakhir seh. Tapi keren awesome, inspiring, endingnya bikin 'setan nih film!' terus mewek deh :( :(.
Tapi ada juga loh yang berakhir manis :D

Well, semua ini tentang perasaan gue aja, setelah gue dapat sesuatu yang wah banget dari sebuah hal kecil yang menjadi 'start' gue. Awalnya cuma ngerjain kuis doang, eh tahunya malah melanglang buana ke berbagai hal-hal yang keren banget.

Jadi yah, mata gue semakin terbuka lebar. Bahwa ternyata, di luar sana, ada banyak hal yang keren, tapi kita nggak tahu karena rasa ingin tahu kita nggak bangkit.

Dan sekarang gue kayak kecanduan mau tahu lagi dan tahu lagi. Bookmark sudah mulai bertambah, channel langganan di youtube juga mulai bertambah, dan pengetahuan semakin bertambah.

I got more resources, I got more place to dig an inspiration. Hahahhaha :D
Iyalah, hal-hal kayak gini tuh bisa dijadikan bahan berpikir. :D

Jadi, bangkitkanlah rasa ingin tahumu. Kalau kamu tidak bisa berjalan, tidak bisa 'bergerak' untuk melakukan hal yang menarik perhatianmu. Lo punya internet!

2 comments:

  1. Iyaa..yang percobaan sains ituu keyeen :g sempat kepikiran juga bisa dijadiin media pembelajaran :D
    tapi nda bisa sa download meyy. IDMku nda ada. Pake en.save jga nda bisa :sw

    ReplyDelete
  2. wew. inspiring story :g
    sampe sedih gue.

    sering-sering bagi informasi, biar kami yg masih polos ini makin berwawasan

    nice post :a

    ReplyDelete

Kalau menurutmu, bagaimana?