Today, I Do Stupid Thing(s)

Wednesday, August 5, 2015


Sifat gue yang super kepo and sok tahu bener-bener bikin hidup gue susah (meskipun nggak suash-susah amat sih). Hari ini gue bandel banget. Kan tadi siang temen kost gue, Ervi, beli koper baru untuk dia bawa pas KKN nanti. 
Masih bagus, mulus, cantik, dan....
tidak berkode.
Kan udah jamak tuh koper besar rata-rata koper besar tuh pakai kode tiga digit. Nah, tadi gue malah iseng-iseng kepo gitu ngubah-ngubah kode kopernya.
Padahal, gue udah dilarang ngubah kodenya. Ervi udah ngingetin gue, Puang Kost gue juga.
"Jangan mii ko ubah-ubah itu, Rin. nah saya saja ndak berani ubah iii..."
Tapi.... ya gitu deh, bandel. 

Tetep aja gue ubah kodenya.
2-1-4
Terus, habis gue ubah, gue acak-acak lagi.
"Nih, Vi! Coba ko tebak kodenya kopermu! Nyeahahhahaha!"
"Ih, sa tidak mau. Apa miii itu kodenya?"
Terus gue dengan songongnya, ngambil lagi tuh koper. Putar kombinasi 2-1-4.
Bangke.
Tuh koper masih terkunci.
Ervi udah hening ngeliat gue.
Gue ulangi ke kombinasi awal. 0-0-0.
Nggak terbuka juga.
Gue garuk-garuk kepala. Ervi udah aneh gitu mukanya.
"Apa ya?" gue ulangi lagi kombinasi 2-1-4.
Nggak terbuka jugaaaaaa!!!!
Buseeeeeettttt. Dosa apa gue!!!!
"Vi, Ervi, tenang. Semuanya bisa diselesaikan. Duh, kodenya tadi apa ya?" puter-puter, "Apa ya?" Puter lagi.
Mampus gue.
Ervi, mukanya udah kesel banget. Mati nih gue malah cari gara-gara sama nih anak, padahal tadi niatnya mau bercanda doang. Sumpah keadaan di kamarnya selama beberapa menit pertama tuh sesak banget. Hening tapi kayak nggak ada oksigen buat napas. Nih koper baru dibeli tapi gue ngerusakin aja kodenya. Alhasil, gue duduk-duduk (mencoba) santai terus muter-muter lagi tuh kode.
Ervi udah pencet-pencet tombol hapenya. Terus keluar kamar menelpon entah siapa (mungkin pacarnya).
Gue ditinggal sendiri di dalam kamarnya.
Haduh gue udah bikin kesel anak orang nih.
Akhirnya gue terus-terusan mutar-mutar tuh kode secara acak, tapi nggak ketemu juga.
Ya iyalah nggak ketemu. Tuh perbandingan kombinasinya kan 1 banding 1000. Ya kalau gue acak beruntung doang tuh gue.
Ada hampir sejam gue cari-cari tuh kode koper, tapi nggak dapat-dapat juga. Waduh mampus nih, nggak mungkin kan gue mau ngerusakin koper orang dengan mencungkil-cungkil plat kodenya pake pisau atau obeng (Bkalana di-blacklist lah gue sebagai teman). 
Sumpah gue udah nggak enak banget, barang baru tapi malah nggak buka. Ervi sih santai-santai aja, toh dia emang orangnya apa-apa dibawa gampang aja. Tapi justru karena itu gue jadi makin nggak enakan. Jadinya gue bikin deal aja sama Ervi, kalau seandainya nih kode koper nggak dapat-dapat juga, gue bakalan beliin dia koper baru.
Daripada kita dicap nggak bertanggung jawab? 
Hufffffttttt....
Gue udah ngerasa bersalah banget. Ngerusakin mood orang lain.
Terus ya udah, lama-kelamaan suasana mulai mencair lama-lama. Kita nonton ILK sambil ngobrol-ngobrol lagi. Omongan kita udah ngalor-ngidul dari ngegosipin beberapa orang (Hahahaha! Penggos!), dia yang ngomongin tentang masa-masa SD-SMP-SMA dia berikut sejarah persahabatannya sampai gue yang kembali mengenang pas masa-masa jadi maba dulu di mana gue pernah ditinggalin sama Mama di bentor (Iya ditinggal di bentor) dan disuruh pulang sendiri ke rumah sepupu gue karena Mama sendiri udah mau balik ke Kendari pada saat itu juga. Hebuuuuhhhh.
Nah, lama-lama kan gue masih coba-coba cari tuh kode. Gue udah nyari-nyari juga di internet. Kali aja ada cara cepat yang bisa bikin tuh koper bisa cepat terbuka kodenya.
Ada yang disuruh cungkil pake pisau, pake pulpen, pakai drei apalah itu. Tapi, berhubung ini adalah koper baru dan gue masih segan juga buat cungkil-cungkil barang orang, ya udahlah, gue pakai cara yang bagi kebanyakn orang tuh dianggal cara bego.
Nyobain semua kombinasinya.
Yang mana jumlah kombinasi yang mesti gue coba untuk mendapatkan kode yang benar adalah 103 alias 10 kali 10 kali 10 alias 1000 kombinasi.
Dan gue baru sampai duapuluh kombinasi aja gue udah ngerasa capek banget. Udah gue acak-acak lagi.
Tapi, menurut artikel yang gue baca, 1000 kombinasi itu nggak seseram yang orang-orang (gue) kira. Karena katanya sebelum mencapai kombinasi keseribu, kita pasti udah menemukan kombinasi kode koper yang mau dibuka, dan ada triknya supaya bisa cepat bukanya. Nggak perlu sampai berjam-jam. Nih artikelnya ada di sini nih, ajdi kalau kalian punya masalah kode koper yang terlupa, kalian bisa ikuti prosedur di artikel ini.
Jadi, dengan sangat terpaksa tuh koper gue bawa ke kamar gue berhubung Ervi udah ngantuk banget dan udah mau tidur (Kecawa kali dia gegara kopernya diutak-atik. Huhuhuhuhu Maafkan daku, kakandaaaaa).
Di kamar, dengan semangat empat lima. Ditemani film Three Idiots yang gue nonton ulang, gue mencoba cara 1000 kombinasi itu.
Dimulai dari 0-0-0.
Jempol gue udah perih banget gegara dipakai bergantian buat memutar kode-kode dan juga memencet tombol pengunci koper.
Jempol udah merah, gantian telunjuk sama jari tengah yang jadi sasaran.
Dua jari merah, gantian jempol lagi. Gila keras banget tombol penguncinya.
Gue udah ada niat mau nyerah di tengah-tengah. Gue udah janji kalau nggak bisa gue buka, udah gue beliin yang baru aja. Gue udah mau ambil pisau buat cungkil-cungkil plat kodenya.
Tapi, gue harus berusaha dulu buat menyelesaikan 1000 kombinasi ini. Kalau cara 'halus' nggak bisa, baru pakai cara kasar, kalau cara kasar nggak berhasil dan semakin menimbulkan kerusakan, baru guenakan kekuasaan uang untuk menyelesaikan masalah. 
Hadah! Sok kaya banget! Lo kate uang tumbuh di pohon?! #MarahinDiriSendiri
Gue mesti sabar, gue mesti tanggung jawab menyelesaikan amsalah yang udah gue buat, meskipun jalannya susah, lama, nyakitin banget, tapi harus sabar. Harus bisa terbuka nih koper tanpa menggunakan cara kasar sedikit pun. Gue nggak bisa memakai uang sebebas yang gue mau. I can not use money to shut up my problem. Must do it by my self. Must—
3-4-8.
Klik.
Pengunci kopernya terbuka.
Alhamdulillaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh!!!!
#SujudSyukur
Gue butuh melakukan 348 kombinasi kode untuk bisa membuka kode koper itu. Finally, god! Thank you! Gue nggak jadi ganti rugi barang orang. Yeah!
Akhirnya! Usaha gue membuahkan hasil! Niat gue nggak sia-sia! Mantap nih tnagan merah-merah tapi ada hasilnya!
#KoprolSampaiKeZimbabwe
Oke, jadi ini pelajaran buat gue, buat teman-teman semua.
Kalau udah dilarang, ya jangan dilakuin. Apa lagi kalau tujuan kita ngelakuin sesuatu hal hanya karena rasa penasaran kita yang nggak penting-penting amat.
Kalau menimbulkan sebuah masalah, harus berani bertanggung jawab. Jangan merasa rugi karena bertanggung jawab, karena sesungguhnya ada yang lebih rugi dari pada kita karena masalah yang kita timbulkan.
Selama kita sabar dan optimis, pasti kita akan bisa mencapai tujuan kita.
Ya seperti itulah. Hari ini gue ngelakuin hal bodoh, tapi gue dapat banyak pelajaran dari hal bodoh yang gue lakukan.
Nggak selamanya masalah yang terjadi dalam hidup lo adalah beban. Bisa jadi dia adalah sebuah pengingat atau pelajaran yang datang dalam wujud yang kita tidak sukai.
Okeeeee!!! Banzai Rhyme!!!
Akhirnya bisa memecahkan kode rahasia koper!!! :D


No comments:

Post a Comment

Kalau menurutmu, bagaimana?