Pengalaman Mengajar di Kelas Sepuluh

Tuesday, October 18, 2016

Hola!
Di postingan kali ini gue ingin cerita pengalaman di hari kedua gue mengajar. Sekarang ini gue lagi KKN-PPL Terpadu di sebuah sekolah di kota Parepare. Gue ngajar di kelas sebelas sebenarnya, tapi guru pamong gue minta tolong juga supaya gue ngajar di kelas sepuluh karena hari ini dia ada pelatihan Guru Pembelajar sampai hari kamis.
Waktu gue ngajar di kelas sebelas gue cukup bisa menguasai kelas, gue menerapkan sebagian besar ilmu yang gue dapat pas microteaching dulu. Kelas sebelas lebih mudah buat ditangani karena mereka memang sudah ada di kelas IPA, kelas sains. Pengalaman-pengalaman selama di kampus dan ilmu-ilmunya sudah bisa gue terapkan sedikit demi sedikit.
Tapi tadi, asli sumpah parah.

Gue ngajar di kelas sepuluh dan rasanya tuh beda banget kalau pas ngajar kelas sebelas. Kelas sepuluh itu lebih labil, lebih reaktif, lebih beragam sifatnya, lebih manja, lebih tukang ngadu, yah macam kayak anak kelas 1 SD lah.
Gue baru ngerasa susahnya jadi guru tadi. Menghadapi murid-murid yang susah diatur dan berisiknya minta ampun. Gue jadi pengen nangis. Gue jadi ngerasa bahwa gue bener-bener kurang dalam mengatur emosi gue. Karena apa  yah, gue pengen marah, gue pengen memperingatkan mereka tapi gue nggak tahu caranya. Gue takut pas gue marah nanti gue malah ketawa atau bahkan malah beneran nangis di depan kelas.
Dan tahu lah,
Marah sambil ketawa atau marah sambil menangis adalah dua hal yang konyol.
Gue…. Takut kalau gue terlalu keras memperingatkan mereka, nanti mereka jadi enggan untuk belajar, belajar karena terpaksa karena takut sama gurunya yang galak.
Tadi gue ngajar di dua kelas sepuluh. Kelas pertama yang gue masuki lebih tenang sedikit. Mungkin karena jam belajarnya itu jam Sembilan. Pas kelas yang kedua, yang jam masuknya itu setengah satu, asli ribut dan susah dikendalikan. Karena mereka itu kebelet mau pulang, udah nggak ada semangat belajar yang tersisa. Serius gue tadi pusing menghadapi mereka.
Gue jadi sadar.
Bahwa seorang guru harus benar-benar mantap persiapannya sebelum masuk kelas. Ini bukanlah mitos atau pun kebohongan. Guru kalau nggak mantap masuk ke sebuah kelas buat ngajar bisa-bisa kacau.
Guru harus simulasi di dalam kepala mereka tentang apa-apa aja kemungkinan yang bakalan terjadi di kelas. Guru harus punya segudang pertanyaan untuk memancing daya pikir siswa, harus punya skill ngeles, harus punya skill ngomel-ngomel, harus punya skill motivator, harus punya sedikit aura seram? Hahaha nggak mesti seram sih tapi apa yah… berwibawa dan tegas.
Guru nggak bisa masuk ke dalam kelas dengan kepala kosong dan nanti pas di dalam kelas baru figuring out apa yang bakalan dilakukan selama proses pembelajaran.
Gue tadi kayak gitu. Karena pemberitahuan buat ngajar di kelas sepuluh itu dating mendadak, jadi gue kurang persiapan. Gue Cuma belajar sedikit doing sambal mengira-ngira ini materinya kelas sepuluh sudah sampai mana? Mereka bahas BAB bakteri sampai mana?
Akhirnya ya gitu deh, gue jadi kurang bisa mengendalikan kelas dan bingung ini siswa gue mau dibawa ke mana? Terus mau gue kasih tugas apa aja? Tadi tuh aps ngajar, gue kira-kira ada sampai tiga-lima kali mengubah keputusan dan tugas apa yang mau gue kasih. Ya itu, karena kurang persiapan.
So lain kali gue mesti fit and fix sebelum masuk dalam kelas.
Tadi kalau gue ingat lagi cara gue mengingatkan siswa gue yang bandel, gue jadi pengen ketawa sendiri.
“Rin, itu serius lo marah kayak gitu? Negur siswa kayak gitu? Nggak ada ada tegas-tegasnya.”
Jadi pengen nangis. Ketawa sambil nangis.
Tadi gue kayak gini:
Siswa  : *Ribut naudzubillah mindzalik**disuruh berkelompok pada nggak mau* Kak jangan mii begitu kelompoknya!
Gue    : Di sini yang mengajar kalian atau saya?
Siswa  : Kakak
Gue    : Jadi ikuti keputusan saya.
*Ngakak dalam hati**Bodor amat daaaaahhhhh*

Siswa  : *Ngebet pengen pulang**mau ngatur-ngatur aing lagi* Kak mau mii pulang, nantipii minggu depan dilanjutkan lagi.
Gue    : *ngecek jam* ini baru jam satu, masih ada satu jam lagi dari waktu pulang kalian.
Siswa  : Pulang mii kalau setengah dua kak….
Gue    : Oke kalau begitu siapa yang duluanselesai tugasnya, boleh pulang duluan.
Siswa  : Yah kakak kenapa begitu, waktunya mii pulang kak. Biasanya juga begitu. *monyoooonggggg*
Gue    : Oke kalau begitu.Yang mau pulang sekarang silakan. Tapi saya kasih bolos untuk jam terakhir. Gimana? Bolos yah? Nanti besok silakan ke BK sama-sama orang tuanya buat diproses.
*Miris gueeee mirisssss*
Sebenarnya, boleh nggak sih seorang guru ngomong kayak gitu?
Tapi gue bingung gimana lagi caranya menangani siswa yang seperti ini.

Eik butuh solusi!

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Haii rinii. Boleh saya panggil begitu kan? Saya refleks tengah malam begini komentar di blog kamu, karena ada perasaan senang kamu perlahan-lahan mulai bangkit.

    Fyi aja, saya silent reader kamu sejak 2009 di FFn (gak bagus yaa cuma jadi SR, hehe), saya suka setiap cerita apa adanya yang kamu sampaikan, mengalir dan menarik. Tapi saya sempat ikut sedih juga saat awal 2016 tetiba kamu mendapatkan cobaan yang pasti sangat berat buat kamu, saya bisa merasakan bagaimana perasaan jika jadi kamu, tapi saya gak tahu saat itu harus memberikan dukungan apa selain doa semoga kamu diberi kekuatan menghadapi semuanya.

    Sudah lama saya tak membuka FFn, saat barusan saya buka saya teringat salah satu author fav saya ini, senang saya bacanya saat buka blog kamu dan sekarang blog ini sudah berisi sedikit demi sedikit cerita kebangkitan kamu dari semua cobaan itu. Alhamdulillah ikut Seneng aja akhirnya kamu mencoba bahagia kembali. *reflek komentar disini*

    Yaaak. Saya rasa saya terlalu panjang ngelantur jadi curhat begini, hehe. Maaf bila kurang berkenan dan sedikit lancang. Semoga kamu selalu bisa bangkit dan semangat menghadapi hidup. Saya tunggu cerita-cerita bahagia kamu di masa depan.


    Salam,
    Rieska (satu dari sekian penggemar karya kamu)

    ReplyDelete

Kalau menurutmu, bagaimana?