Terima Rapor Sekaligus Nostalgia

Sunday, June 14, 2015

Aloooo!
Hari ini adalah hari penerimaan rapor adik-adik gue. So, hari ini gue mesti ke sekolah mereka. Well, cuma ke sekolahnya Onyu aja sih, adek gue yang paling bungsu. Karena tadi pas gue tanya Alan, si anak tengah dia bilang nggak usah nanti biar nanti bapak temannya aja yang ambilin. Ya udah, sebagai kakak yang baik gue nggak mau memaksakan kehendak (mpreeettt). Well, sebenarnya sih gue oke-oke aja karena dengan begitu gue bsia lama-lama di SMPnya Onyu--Which is adalah almamater gue dulu sekalian ketemu sama guru-guru gue.

So, pukul sembilan kurang sedikit gue jalan kaki bareng Onyu ke SMPN 6 Kendari. Pas sampai di depan gerbang kan ada teman-temannya adek gue tuh, mereka lihat kita berdua jalan, terus mereka senyum-senyum, terus kita dikatain kembar....
Apa deh penting banget ini =='
Terus gue barengan adek gue segera ke kelasnya di VIII A, ketemu sama teman-temannya sebentar terus langsung masuk kelas. Di dalam kelas tuh sudah ada beberapa orang tua  siswa dan wali kelas VIII A, yaitu Bu Amira. Nah setelah beberapa pemberithauan, wali kelas adek gue langsung mengungumkan siapa yang mendapat peringkat....
Engggg Inggg Engggg....
"Peringkat pertama dengan jumlah nilai sekian sekian dengan rata-rata sekian-sekian di raih oleh.... (insert drum band here!) .... Nurhalisa Madukubah!"
Wohohohohohoho!
Itu tuh tadi, aps nama Onyu disebut gue tuh sok-sok cuek gitu, padahal dalam hati ini wuihhhh bangganya luar biasa, berasa adek gue menang olimpiade aja. Mungkin, kayak gitu kali yee perasaan setiap orang tua kalau mendengar anaknya dapat ranking di kelas.
Mams, Dad your kids still do their best. Onyu juara satu dan Alan juara tiga di kelasnya.
Hohohohoohohoho :D
Herannya gue dengan mereka adalah mereka tuh hampir nggak belajar pas malam mau ulangan. Waktu minggu-minggu ulangan tuh suasana di rumah kayak lagi nggak ada yang mau menghadapi ujian. mereka tinggalnangkring aja main hape, main game, nonton Naruto. Hadoooohhh... kalau nggak gue peringatkan untuk belajara, mereka nggak bakal pegang buku. Terutama Alan. Kalau pegang garis miring baca buku paling cuma lima beals menit doang, terus balik lagi ke kegiatan mereka sebelumnya, main!
Tappi mereka tetap bisa dapat ranking.
Padahal dulu gue kayak berusaha banget gitu loh buat mempertahankan nilai, Gue usaha banget belajar tiap malam (Yah meskipun kadang suka nggak fokus sih) supaya nilai-nilai gue nggak turun. Tapi mereka....
Hmmm... ini lah yang disebut  cara belajar yang berbeda-beda. Mereka usaha di depan dengan memperhatikan guru mengajar di kelas, sementara gue  usaha di belakang dengan mengulangi pelajaran karena susah fokus di kelas. Dan kayaknya gue perlu berguru sama adek-adek gue.
Gue juga ketemu sama Paka Romi, guru yang jadi penjaga perpustakaan bareng Bu Ratna. Sayangnya tadi gue nggak sempat ketemu Bu Ratna, padahal bu guru yang berperawakan mungil ini adalah salah satu guru yang gue senangi di SMP. Beliau adalah penjaga perpustakaan yang lemah lembut dan pengertian. Hohohoooo.... Pas zamannya gue SMP dulu, di perpustakaan kan sering ada novel-novel yang didatangkan dari perpustakaan daerah, nah setiap kali gue datang ke perpus beliau selalu kasih tahu kalau novel baru sudah datang. Pokoknya beliau adalahs alah satu guru yang paling berkesan di SMP, karena dulu gue serin banget masuk perpustakaan. Perpustakaan SMP 6 buat gue adalah perpustakaan paling asyik. Meskipun kini program novel-novel keliling dari perpustakaan daerah itu sduah nggak ada lagi. Karena dari perpustakaan ini lah semangat baca gue makin hari makin meningkat.  Waktu SMP dulu, sehari nggak baca buku cerita tuh rasanya nggak asyik. Hohohoho....
Gue juga ketemu sama Ibu Nurwahida, atau paling akrab disapa Ibu Ida. Beliau pada saat gue SMP adalahh guru kesenian, dan sekarnag beliau adalah guru PKN. Bu Ida juga adalah guru kesenian di SD 12, SD gue dulu tapi kemudian pindah dan mengajar di SMP 6.
Setelah penerimaan rapor, gue ke rumah temen gue, Ulin, yang tinggalnya tuh di dalam lingkungan SMP 6. Ibunya Ulin itu guru matematika di SMP 6. Ibunya Ulin--Ibu Norma Hasan adalah guru adek gue, guru gue, dan guru mama gue. Yap. Guru matematikanya Mams.
Kebayang dah betapa tuanya umur Ibu guru..... Tpai roangnya awet muda banget loh!
Pas gue lagi cerita-cerita sama Ulin, mau ngajakin dia keliling SMP ketemu sama guru-guru kita yang dulu (dan pada saat gue datang ulin belum mandi, mukanya masih lecek-lecek) Nur datang manggil gue katanya gue belum tandatangan di absen wali murid tadi. Jadilah gue balik ke kelasnya buat tanda tangan.
Setelah tanda tangan kan gue keluar lagi tuh, teru gue ketemu sama Pak Tahir. Pak Tahir ini adalah salah satu guru yang gue idola kan semasa SMP dulu. Dia ini orangnya tegas banget loh (dan agak-agak seram!).Pak Tahir adalah guru agama sekaligus pelatih PBB (Pasukan Baris Berbaris) di SMP 6. Wuiiih, kalau beliau yang melatih, barisan yang bengkok bisa lurus dalam sekejap (duh lebay!). Beliau ini kalau melatih tuh  sangat tegas dan disiplin, beliau juga melatih siswa-siswinya baris-berbaris dengan cukup berat namun hasilnya,  wuihhh keren! He takes everything seriously, aklau dilatih sama beliau jangan main-main deh!
Nah, dari Pak Tahir ini lah gue jadi makin mahir baris-berbaris, meskipun selama enam tahun terakhir ini ilmu dari beliau sudah jarang gue pakai lagi. Karena pas SMA gue nggak pernah ikut baris-berbaris lagi dan pas kuliah kan sudah nggaka da acara yang namanya upacara bendera setiap hari senin. Dan berkat latihan baris-berbaris dari beliau, salah satu temen gue yang namanya Sri Rahayu sudah berhasil meraih cita-citanya untuk masuk jadi Tentara. Temen gue, cewek, udah pendidikan buat jadi tentara. Gila! Akhirnya cita-cita temen gue itu kesampaian juga buat jadi angkatan pembela negara.Waktu Pak Tahir cerita tentang Sri Rahayu ke gue tadi, kelihatan banget rasa bangganya beliau, karena ilmu yang beliau turunkan telah membuat anak didiknya meraih cita-cita yang diinginkan.
Dan ketika teman-teman gue sudah meraih apa yang mereka inginkan, you know what? Gue mulai meraggu dengan diri gue sendiri.
But, let save that for another story.
Pas sama Pak Tahir, gue ketemu juga dengan pak Sukarto, guru olahraga dan pak Herwin, guru IPA Terpadu.Pak Herwin ini guru yang berprestasi loh. Beliau sudah pernah menyabet penghargaan Ki Hajar Award, beliau juga salah satu nominator Guru Terbaik Princess Chakri Award Thailand. Kerennnnn!!!
Huwaaa, gue juga pengen bisa jadi guru yang berprestasi (amiiiiinnnn!!!). Ayo Rin, belajar laaaahhhhh! Belajarrrrrr!!!
Setelah ketemu tiga bapak guru di atas, gue balik lagi ke rumah Ulin, terus kita arengan ke bagian depan sekolah. Ketemu Pak Nafi guru fisika yang juga wakasek kesiswaan dan juga Pak Surak guru PKN juga wakasek prasarana. Dua guru ini adalah guru yang paling aktif banget ngurusin kalau ada kegiatan ekstrakuriluker. Mulai dari pramuka, PMR, kegiatan baris berbaris, dan sebagainya,
Terus gue ketemu sama Ibu Nurhaerati Abu. Beliau adalah guru bahasa Indonesia wali kelas gue waktu kelas sembilan. Beliau ini orangnya tegas dan beliau pernah menangkap basah gue dan teman-teman gue nonton anime Naruto di perpustakaan sekolah (kan dulu di perpustakaan ada TV dan DVD tuh). Masih lengkap dalam ingatan gue waktu beliau berjalan melintasi ruangan menuju rak buku bahasa Indonesia. Bodohnya kita (gue dan temen-temen gue) pas beliau nggak meliaht, kita nggak langsung matiin TVnya. Kita malah bengong, shock lihat beliau masuk ruang perpus. pas beliau berbalik, matanya melihat ke TV lalu beralih ke murid-murid perwaliannya....
"Ini ya yang kalian nonton, Naruto?!"
Dan well, beliau langsung menuju TV, mematikannya, dan mengambil CD Naruto yang ada di DVD. CDnya diambil sama beliau. Duh, mana CD itu dulu adalah punya adek temen gue, Linda.
Kita takut banget kalau Bu Ati marah. bu Ati kalau marah serem banget. Serius. Kita tuh udah deg-degan jangan sampai nanti roang tua kita dipanggil ke sekolah cuma gara-gara kita nonton anime di perpustakaan. Iya sih, kita bodor juga, ngapain nonton Naruto di perpus. Aduhhhh.
Dengan ketakutan dan pasrah dan harapan, akhirnya kita beramai-ramai pergi ke ruang guru untuk meminta maaf. Waktu itu Bu Ati sedang mengukur kain untuk taplak meja ruang guru bareng Ibu Sulistian (guru biologi). Sumpah saat-saat itua dalah saat paling horor di masa SMP gue. Pressure-nya pas kita datang buat minta maaf, terbata-bata,takut dimarahi. Ulalalallala.... I can't handle it again.
Setelah itu gue ketemu sapa Pak La Djungge. Beliau adalah guru Ekonomi. Beliau dulu satu tim mengajar IPS Terpadu bareng Bu Ayasni (Sejarah) dan Bu Masminah (Geografi). Pak La Djungge kalau mengajar tuh sabarrrrr banget. alau mengingatkan siswanya yang ribut tuh halus, dan yeah kita sering banget pareare (agak-bandel) pas beliau mengajar. Untunglah beliau masih mengingat gue. Hehehehe..... Sayangnya tadi juge nggak sempat ketemu sama Bu Ayasni karena tadi beliau nggak ada di ruang guru dan Bu Masminah karena beliau telah pensiun. Bu Ayasni ini, gue paling ingat tuh pas mengajar tentang pembagian zaman, peninggalan-peninggalan sejarah (yang artefak, sarkofagus, dll). Kalau Bu Masminah gue paling inagt kalau beliau mengajar dengan menggunakan globe, dan diskusi tentang negara-negara Asean dan Uni Eropa. Beliau tuh akalu murid-murdinya diskusi, dia nonton aja sementara setiap kelompok sudah panas berdebat dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berniat saling menjatuhkan. Pokoknya kalau diskusi dengan beliau asyik deh. Bebas!
Gue juga ketemu sama Pak guru bahasa Tolaki, Bu Rita yang dulu guru PKN dan paling berkesan dnegan perkenalannya yang 'Pomala-a'.
Cuma sebagian guru aja yang bisa gue temui, selain karena mereka nggak ada di sekolah tadi, gue-- tahu lah--- punya masalah struggle to talk with older and higher people, jadi ya gue masih malu-malu buat ketemu sebagian guru yang lain. Duh.
Hmmm.... semoga pas gue jalan-jalan ke almamater gue lain kali, gue sudah bisa mengatasi masalah gue yang satu itu.
Okay.
Sudahi nostalgianya dan saatnya tidur!

No comments:

Post a Comment

Kalau menurutmu, bagaimana?